Tempat Wisata di Kalimantan Barat

Tempat Wisata di Kalimantan Barat - Jika anda berkesempatan berkunjung ke Kalimantan Barat, sempatkanlah waktu anda untuk berkunjung ke objek wisata di Kalimantan Barat. Objek wisata di Kalimantan Barat memang kurang begitu terekspos masyarakat, ini karena banyak dari objek wisata tersebut berada di tempat yang belum bisa terjangkau atau aksesnya sulit. Berikut tempat wisata di Kalimantan Barat, antara lain : 


1. Danau Sentarum 
Danau Sentarum merupakan tempat wisata di Kalimantan Barat yang berupa danau musiman. Danau ini ketinggiannya bisa mencapai 14 meter dan merupakan bagian dari Taman Nasional Danau Sentarum. Danau ini menyuguhkan pemandangan yang masih asri dan tentu saja indah, jangan lewatkan menikmati pemandangan danau menggunakan perahu untuk sekedar berkeliling danau. 

2. Tugu Khatulistiwa 
Tugu ini menjadi ikon kota Pontianak Kalimantan Barat, tugu ini berada di Jalan Khatulistiwa Pontianak Utara. Untuk anda yang ingin mengetahui tentang sejarah tugu ini, anda dapat membaca di catatan yang terdapat di dalam gedung. Tugu ini tidak pernah sepi pengunjung, dan setiap tanggal 21-23 Maret serta 21-23 September anda dapat menyaksikan event tahunan di sekitar tugu. Event ini adalah peristiwa alam yaitu Peristiwa Kuliminasi Matahari. 

3. Sinka Island Park 
Merupakan taman rekreasi yang terletak di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Disini terdapat juga kebun binatang, kolam renang, dan pantai. Kawasan wisata ini menyajikan pemandangan pantai serta hiburan lain yang dapat memuaskan liburan anda bersama keluarga. Untuk mengelilingi taman rekreasi ini, anda dapat menggunakan kuda atau delman yang sudah disediakan di sekitar area wisata.

4. Kebun Binatang Sinka Zoo 
Kebun binatang Sinka Zoo ini berlokasi di kawasan Sinka Island Park, tepatnya di sebelah selatan dengan jarak 500 meter setelah memasuki Sinka Island Park. Kebun binatang ini mempunyai keunikan yaitu letaknya yang mengelilingi gunung Bajau. Anda dapat menikmati keindahan laut dari atas gunung yang juga menampilkan hewan-hewan langka dari local maupun luar daerah. 

5. Pantai Pasir Panjang 
Pantai ini berada di Kacamatan Tujuhbelas yang jaraknya sekitar 17 km dari kotang Singkawang. Tempat wisata di Kalimantan Barat ini mempunyai pasir pantai yang berwarna putih dengan air yang berwarna jernih kebiruan, serta dikelilingi oleh deretan pohon-pohon. Untuk menikmati keindahan pantai ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000/orang untuk tiket masuk. 

6. Taman Bukit Bougenville 
Disebut Taman Bukit Bougenville karena taman ini didominasi oleh bunga bougenville atau bunga kertas. Taman bunga ini berlokasi di Desa Sijangkung, yang jaraknya sekitar 6 km dari kota Singkawang. Selain keindahan taman yang masih asri, anda juga akan disuguhi pemandangan dari 46 spesies bunga bougenville baik dari dalam maupun luar negeri. 

7. Taman Alun-Alun Kapuas 
Taman alun-alun Kapuas ini terletak di depan kantor walikota. Jika datang ke taman ini, anda akan dapat langsung melihat pemandangan sungai Kapuas. Di taman ini juga terdapat replica Tugu Khatulistiwa di salah satu pojok taman, setiap sore dan malam hari taman ini akan rame didatangi pengunjung yang ingin berekreasi bersama keluarga atau sekedar menikmati kuliner yang terdapat di sekitar Taman Alun-alun Kapuas ini. 

8. Kota Singkawang 
Kota ini juga mendapat julukan Kota Seribu Kelenteng, karena jika berada di kota ini anda kan merasakan suasana etnis Tionghoa yang sangat kental. Disini juga anda dapat menikmati atraksi Imlek dan Cap Gomeh. Bahasa yang digunakan disini adalah bahasa Cina yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Itulah beberapa tempat wisata di Kalimantan Barat, semoga bermanfaat untuk anda.